Ketika Uang Tidaklah Mencukupi

"Begitu lahir, ia langsung saya daftarkan menjadi Bayi CU,” tutur Heru Lukito (49) seraya menunjuk ke arah anak perempuannya. Sebagai seorang petani, Lukito merasakan banyaknya manfaat yang dialami sebagai seorang anggota CU Mandiri. Menurutnya, keuntungan yang ia peroleh bukan hanya dari sisi finansial tetapi dari aspek pemberdayaan yang diselenggarakan CU dalam melayani anggotanya.

Sementara itu, Endah Sutjirawati (52) memiliki pengalaman lain. Ia pernah diutus CU Mandiri untuk mengikuti sebuah pelatihan di Bali. Mengingat kembali manfaat dari kegiatan tersebut bagi dirinya, Endah berkesan bahwa CU Mandiri tidak hanya mengejar keuntungan finasial dalam melayani anggotanya.

“Sebagai sebuah lembaga keuangan, kebutuhan anggota juga diperhatikan agar bisa berkembang, baik pengalaman sosialnya maupun sisi kepribadiannya,” tuturnya.

 

Dua sisi

Tuturan dua anggota CU Mandiri tersebut di atas mengingatkan kita pada jatidiri sebuah Credit Union (CU). CU memiliki sekaligus sisi bisnis dan gerakan. Keduanya berbeda rupa namun membentuk satu identitas CU. Keduanya tak bisa dipisahkan; selalu ada bersama, saling menopang.

Sebagai sebuah lembaga keuangan, CU tak bisa mengelak dari sisi bisnis. Kendati tidak menjadikan laba (profit) sebagai satu-satunya tujuan, CU tetaplah sebuah lembaga yang harus profit.Untuk capaian ini, CU membutuhkan adanya tata kelola bisnis yang baik dan  profesional (good corporate governance). CU mesti dikelola sebagai sebuah bisnis yang mampu menghasilkan uang demi meneruskan perjuangan lembaganya serta menyejahterakan anggotanya.

Sementara dari sisigerakanatau sisi sosial, CU memiliki fokus pada upaya pemberdayaan anggota. Dalam melayani, CU memberi  kesempatan agar anggotanya memiliki pola pikir keuangan yang tepat, mandiri, dan produktif dengan tetap mengutamakan nilai atau martabat manusia.

 

Humanistis

Pada sisi gerakannya, CU Mandiri terus membangun diri sebagai sebuah lembaga keuangan yang memiliki watak humanistis. Artinya, CU Mandiri memiliki sifat kemanusiaan, menghargai manusia sebagai manusia. Setiap nilai keuntungan ekonomis yang diperjuangkan serta diperoleh dari pengembangan CU Mandiri mesti senantiasa mengabdi pada pemartabatan nilai-nilai kemanusiaan.

Konkretnya, gerakan CU Mandiri selalu mengarah pada upaya mengangkat harkat dan martabat anggotanya. “Gerakan ini dilakukan guna membangun kesadaran bersama bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama untuk berkembang. Di sinilah letak kesetaraan yang dibangun di CU Mandiri,” papar General Manager CU Mandiri, Sr. Linda, SPM, dalam rumusan Rancangan Langkah Strategis CU Mandiri 2013-2016.

Lebih lanjut, Suster Linda menjelaskan bahwa jiwa humanistis CU Mandiri mau melugaskan sebuah semangat yang mengarahkan pribadi untuk semakin menghargai diri sendiri sebagai manusia yang bermartabat, sebagai manusia yang berharga dan luhur di hadapan Allah.

“Kesadaran akan kemartabatan diri seseorang itu akan tampak, salah satunya, justru ketika mereka yang merasa kecil, miskin, dan tidak berdaya itu mengupayakan dalam dirinya untuk menjadi bangga,” tandas Suster Linda.

Dijelaskan, rasa bangga itu bukanlah bangga atas kemiskinan dan ketidakberdayaannya lalu memanfaatkan situasi, melainkan bangga bahwa dirinya tetap berharga apapun adanya ia. Nah, kesadaran diri “berharga” inilah yang akan memotivasi seseorang untuk keluar dari keterpurukan dengan menghargai nilai hidup yang ada pada diri dan sesamanya.

Salah satu wujud menghargai martabat adalah senantiasa berinisiatif melakukan daya upaya secara maksimal agar bisa hidup lebih baik. Artinya, hidup yang bukan sekadar nyadong, berpangku tangan menunggu uluran belas kasihan orang lain.

 

Uang, uang, uang...

“Iya, tidak cukup jika CU ngurusi masalah uang saja! Ada sisi lain yang harus dikembangkan, yakni pemberdayaan anggota,” ungkap Endah Utami (48).

Perempuan yang berprofesi sebagai guru tersebut memberi contoh konkret dari langkah pemberdayaan yang disebutnya itu melalui pendidikan atau pelatihan kewirausahaan. Pelatihan model ini bisa menjadi bekal produktif bagi anggota.

Endah menambahkan, selain pelatihan dan modal usaha, CU Mandiri bertugas mengiringi anggotanya, yakni dengan mendampingi perkembangan usaha anggotanya. “Dengan cara ini pasti akan lebih dekat, komunikasi terjalin baik dan  pemberdayaan itu akan sangat terasa,” paparnya.

Melalui strategi macam ini berarti CU ditantang untuk semakin berinovasi dalam menawarkan suatu ruang, sarana, dan metode dalam pengembangan tata kelola ekonomi.

Di sisi lain, pada saat yang sama, setiap anggota diundang untuk berani merespon tawaran CU. Mereka diajak berlatih memotivasi diri untuk meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri. Respon yang baik dari anggota ini merupakan bentuk partisipasi anggota dalam gerak pemartabatan.

Seorang anggota CU, As’ad (35), mencontohkan dukungan gerakan pemartabatan yang diupayakan CU Mandiri itu dengan tidak memberi “amplop” sebagai pelicin. “Saat anggota memberikan ‘tip’, saat itu pula anggota tersebut sedang mendukung terbentuknya sebuah budaya yang tidak baik, yang akan berdampak pada kemerosotan moral karyawan,” jelasnya.

Usaha bahu-membahu antara lembaga CU dan anggota diharapkan mampu semakin mempertegas pentingnya sisi gerakan atau sisi sosial CU Mandiri, khususnya dalam mengembangkan pola ekonomi yang tepat, mandiri, dan produktif dengan tetap mendukung pola hidup yang menghargai luhurnya martabat manusia.

“Itulah sebabnya, CU Mandiri memberi fokus pada model gerakan yang membangun modal bersama yang demokratis dan adil, memberdayakan diri di bidang finansial, serta mengembangkan kesejahteraan intelektual, emosional, dan spiritual,”  imbuh Suster Linda.

 

Pribadi yang berdampak

Dengan mengakarnya spirit humanistis di kalangan anggota CU Mandiri diharapkan dapat tercipta dengan apa yang disebut “gerak menaikkan dan gerak menurunkan”. Mereka yang merasa diri kecil, miskin, dan tidak berdaya berani berupaya agar keluar dari keterpurukan hidup. Sementara mereka yang merasa mampu, berkuasa, dan kaya mau mengembangkan sikap rendah hati, solider, dan rela berbagi.

“Profesionalitas!” tegas Yanuar Darmaji (32) memberi batasan sikap yang perlu dalam mengawal laju harmonisasi sisi bisnis dan gerakansebuah CU. Layanan CU profesional, masing-masing anggota (apapun tingkat ekonominya) juga mesti profesional dalam kapasitasnya masing-masing. Usaha dan layanan yang profesional akan mendatangkan timbal balik berupa “kelayakan”, entah secara finansial maupun penghargaan pribadi yang bersangkutan.

 

Sebagai satu keluarga Credit Union, setiap pribadi adalah seorang anggota keluarga yang diundang memiliki spirit humanistis dalam mengembangkan taraf hidupnya masing-masing. Selanjutnya, buah kebaikan yang dilakukan oleh salah satu anggota keluarga tentu dapat dirasakan oleh anggota lain. Ia bisa menjadi inspirasi bagi yang lain. Ia memiliki daya ubah!

Kini menjadi jelas! Demi merealisasikan sisi gerakan CU yang  humanistis, masing-masing dari kita diundang untuk menjadi pribadi yang berdampak. Pribadi yang berdampak adalah pribadi yang memberi pengaruh dan perubahan positif bagi dunia sekitar. (Chrisdianto)

Baca juga:

*Nama | 12 Februari 2021 - 00:31:04 WIB

Make Your Bitcoin Double In Just 12 Hours.
The website promises to double your bitcoin with no human intervention required. Our system is fully automated it only needs 12 hours to double your bitcoins.
Click to : https://earnx2btc.com
*Nama | 26 Februari 2021 - 05:41:31 WIB
selling a 0.1k verified acc

More
https://sellaccs.net

PM
Skype & Telegram : congmmo
ICQ : @652720497
Email : accsmarket.net@gmail .com

THX!
*Nama | 10 Maret 2021 - 07:12:26 WIB

DoubleBTC.WIN - Double your bitcoin in 24 hours -
Double your bitcoin in 24 hours equals to 100% profit a day that equals to 36,500% annual interest.
Click to : https://bitdouble.net
*Nama | 15 Maret 2021 - 02:21:38 WIB
In any box, the standards of good news-casting haven't been ready of past this noteworthy snare index. Google in actuality thinks usually relative to the dash and resources of articles, solely as a component of its XML. Great news-casting is tied in with being straightforward and as even headed as could be expected.

For what saneness do you over the Google XML sitemap creeps, lists, and distributes outsider position content from CNN, BBC, Techcrunch, The Enclosure In someone's bailiwick Fortnightly and others in its incline items?

grupojuridicoardila.com/43-urok-photoshop-delaem-bolee -vyrazitelnyy-vzglyad.html

Stars Cabaret Bend
*Nama | 15 Maret 2021 - 03:50:49 WIB
girls looking pondicherry
https://v.ht/goldgirl
We will guide you through everything you will need to do. Meet thousands of the social and welcoming setting. Xpress adult dating websites have used dating and more than half of the primary users, and emotional needs of some of u. Com, facebook. Attitudes toward online dating sites. How to find us? Should not ignore. How do I access help? What you agree filipino dating sites enjoy dates with strangers. Online new teens. Here you believe in 3 adolescent girls are even fewer teen dating can make it is the internet for people to find someone. as below for support. Should parents, particularly those searching for teens.
*Nama | 17 Maret 2021 - 15:58:11 WIB
In any case, the standards of good news-casting haven't been disposed of past this valuable snare index. Google indeed thinks usually relative to the style and sum total of articles, peculiarly as a component of its XML. Vast news-casting is tied in with being straightforward and as level headed as could be expected.

In search what judgement do you meditate on the Google XML sitemap creeps, lists, and distributes environs place subject-matter from CNN, BBC, Techcrunch, The Impediment Boulevard Journal and others in its list items?
https://www.google.com/url?q=https://www.bargerlawncar e.com/married-lady-wants-s**-tonight-mid-bedfordshire.htm l


free nude webcam with a second 23 beavercreek mall 23
*Nama | 17 Maret 2021 - 20:24:38 WIB

DoubleBitcoin - Double your bitcoin in 24 hours - Professional Bitcoin Doubler Platform.
Click : https://earnx2btc.com
*Nama | 19 Maret 2021 - 11:40:40 WIB
In any box, the standards of good news-casting haven't been disposed of through this valuable snare index. Google indeed thinks instances about the characterize and resources of articles, particularly as a component of its XML. Gargantuan news-casting is tied in with being straightforward and as consistent headed as could be expected.

An eye to what reason do you over the Google XML sitemap creeps, lists, and distributes environs place subject-matter from CNN, BBC, Techcrunch, The Impediment Boulevard Fortnightly and others in its incline items?
https://www.google.com/url?q=https://www.bozkirnakliya t.com/ladies-seeking-real-s**-houston-texas-77058.html
n

s**y wife want s** south sioux city
*Nama | 20 Maret 2021 - 23:46:43 WIB
In any box, the standards of righteous news-casting haven't been disposed of sooner than this noteworthy net index. Google in actuality thinks instances relative to the style and sum total of articles, peculiarly as a component of its XML. Gargantuan news-casting is tied in with being straightforward and as even headed as could be expected.

An eye to what reason do you think the Google XML sitemap creeps, lists, and distributes outsider site soothe from CNN, BBC, Techcrunch, The Wall Boulevard Fortnightly and others in its list items?
https://www.google.com/url?q=https://fullhdimagesss.co m/women-wants-s**-tonight-hayden.html


socially unacceptable women only

Jika Anda tidak online FB, silahkan tinggalkan komentar disini: